Jumat, 17 Desember 2010

ukuran organisasi dan kompleksitas struktur

Kompleksitas ukuran diartikan sebagai derajat diferensiasi yang terdapat didalam sebuah organisasi (Robins, 1990 : 83). Di dalam nya terdapat 3 jenis deferensiasi :
1.deferensiasi horizontal, yaitu derajat pemisahan antara unit-unit dalam organisasi ( biasanya diukur dengan banyaknya jumlah unit dalam suatu organisasi. 2.deverensiasi vertikal, yaitu kedalaman hierarki organisasi(biasanya diukur dari jumlah level organisasi).3. diferensiasi spasial, yaitu derajat persebaran lokasi geografisdari fasilitasdan personel suatu organisasi.
Contoh organisasi berdasarkan tingkat kompleksitasnya adalah sebagai berikut :
1.Organisasi yang sangat kompleks: diferensiasi horizontal, vertikal, dan spasial tinggi. 2. Organisasi yang sangat sederhana: diverensiasi horizontal, vertikal dan spasial sangat renrdah. 3. Organisasi yang berada diantara kedua ekstrem di atas. Universitas biasanya memiliki diferensiasi vertikal yang rendah, diferensiasi spasial yang kecil atau tidak memiliki sama sekali, tetapi memiliki horizontal yang tinggi, namun tentara sebaliknya.
Ketiga ukuran diferensiasi saling berhubungan, dua buah organisasi yang memilik diferensiasi vertikall dan horizontal yang sama akan memiliki tingkat kompleksitas yang berbedabila salah satu memiliki diferensial vertikal dan horizontal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar